Minggu, 11 Januari 2009


Mengontrol pengeluaran

Jika pendapatan Anda tidak bisa menutup semua pengeluaran, Anda harus memangkas pengeluaran atau menambah pendapatan. Biasanya pilihan pertama lebih mudah dilakukan karena tidak memerlukan perubahan drastis. Dengan melakukan pemangkasan pengeluaran Anda dapat membayar beban tagihan Anda. Buat daftar tagihan yang wajib dibayar (cicilan rumah, cicilan pinjaman, kartu kredit, tagihan air, listrik dan lain-lain) dan sisihkan uang untuk kebutuhan pokok (makanan, pakaian, asuransi). Lalu, tentukan pengeluaran-pengeluaran lain yang bisa dipotong.


TIPS

Cara mudah memangkas pengeluaran


Berikut ini langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk memotong pengeluaran. Hal ini akan lebih mudah lagi dilaksanakan jika saldo akhir bulanan Anda positif.

1) Jika Anda sering makan di restoran atau memesan makanan lewat layanan antar, cobalah membawa bekal makan siang dari rumah dan makan di restoran hanya pada saat-saat istimewa.

2) Anda bisa menekan pengeluaran “tetap” seperti tagihan listrik dengan menghemat energi. Matikan pendingin udara satu jam lebih awal dari biasanya. Setrika baju-baju Anda pada saat yang sama. Pastikan lampu-lampu mati pada saat Anda pergi. Ganti bola lampu dengan bola lampu hemat energi yang tahan lima kali lebih lama dan hanya menghabiskan 40% dari kapasitas listrik.

3) Makan di restoran cepat saji setiap hari kerja bisa menghabiskan paling tidak Rp 25.000 sehari. Dalam setahun, Anda dapat menghabiskan Rp 6,5 juta. Bila pasangan Anda mempunyai kebiasaan yang sama, berarti Anda menghabiskan Rp 13 juta setahun.

4) Jika Anda perokok, pertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan itu. Selain alasan kesehatan, Anda juga dapat menghemat sekitar Rp 3 juta setahun dengan menghentikan kebiasaan merokok satu bungkus setiap hari.
Keluar dari lilitan utang memang sulit dan perlu waktu. Kebanyakan orang perlu satu sampai dua tahun untuk lepas dari jerat utang. Disiplin dan teknik yang Anda pelajari dalam menyelesaikan masalah akan bermanfaat sepanjang hidup Anda. Perasaan terbebas dari lilitan utang itu sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika Anda dapat mempertahankan keadaan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar